Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Performa PC Gaming

Cara Meningkatkan Performa PC Gaming

Cara Meningkatkan Performa PC Gaming - Salah satu tujuan utama penggunaan PC sangat bergantung pada game. Menurut para analis, lebih dari 60 persen Gamer di Amerika bermain di PC.

Statistik ini cukup penting, karena konsol game modern dengan Kinect dan fitur deteksi gerakan masih bersifat sectional.

Lusinan game baru yang dirilis setiap tahun membutuhkan sumber daya sistem yang ditingkatkan untuk pengalaman bermain game tanpa gangguan. Meskipun memiliki semuanya, banyak gamer masih mengeluhkan masalah yang menghambat kelancaran permainan.

Artikel ini secara eksplisit membahas para gamer dan memberi mereka tip dan trik untuk meningkatkan kinerja sistem mereka saat bermain. Silakan merujuk ke bagian di bawah ini dan pelajari cara maju dalam hal game PC.

Cara Meningkatkan Performa PC Gaming

Jika Anda bermain, Anda pasti tidak melakukan hal lain. Semua proses, layanan, dan aplikasi aktif yang berjalan di latar belakang, baik yang terlihat atau tidak, menghabiskan memori Anda dan sumber daya sistem lainnya sampai batas tertentu. Jelas bahwa aplikasi game membutuhkan MB memori bebas yang memadai untuk melakukan tindakan simultan dengan mudah.

Untuk menyediakan memori bebas ini, diminta untuk menutup setiap aplikasi yang berjalan (kecuali game) untuk mengosongkan memori. Menutup aplikasi adalah proses yang sederhana, karena ini mudah terlihat di bilah tugas atau area notifikasi Anda.

Namun, ini tidak terjadi dengan semua proses dan layanan lainnya. Untuk mematikan yang tidak perlu di antara mereka, ikuti instruksi yang diberikan di bawah ini.

  • Klik kanan Taskbar dan pilih Start Task Manager
  • Buka tab Processes dan identifikasi proses yang tidak perlu
  • Klik tombol yang menyatakan Show processes from all users
  • Masuk as administrator pada UAC message untuk melihat lebih banyak proses
  • Pilih proses ini dan klik tombol End Process
  • Sekarang akses tab Services untuk mengidentifikasi layanan yang tidak perlu
  • Klik kanan pada ini dan layanan dan pilih Stop Services

Anda dapat mencari beberapa layanan yang aman untuk dimatikan. Sejauh menyangkut proses, Anda harus menemukannya sendiri. Anda juga dapat mengidentifikasi proses yang tidak perlu melalui layanan yang tidak perlu.

Overclock Perangkat Keras

Untuk mendapatkan performa tinggi saja dari komputer lama yang sama, biasanya disarankan untuk mengubah frekuensi clock dari CPU, GPU, dan RAM yang ada. Jika di-tweak ke overclock, komponen perangkat keras ini akan berjalan lebih cepat dari biasanya, memberikan pengalaman bermain game yang lebih baik dan transisi grafis yang cepat.

Untuk memulainya, Anda perlu memperbarui BIOS Anda dan menginstal utilitas overclocking, yang didukung oleh motherboard Anda. Anda akan dengan mudah menemukan metode rinci untuk melakukan ini .

Harap dicatat bahwa overclocking dapat memanaskan komponen PC Anda dan memerlukan kipas tambahan untuk mempertahankan suhunya. Selain itu, menyetel frekuensi clock lebih tinggi dari kapasitasnya dapat merusak perangkat keras komputer Anda.

Defrag Disk

Hard Disk Drives terus menyerap data baru. Penambahan informasi baru yang sering dan penghapusan yang lama menyebabkan data menjadi berantakan. Kemudian sulit bagi sistem untuk melacak file game yang tersebar, yang mengakibatkan kelambatan dan jeda.

Untuk mengatur ulang file dan data yang terfragmentasi ini, Windows 7 menawarkan alat bawaan bernama Disk Defragmenter. Alat ini menganalisis drive untuk mendeteksi rasio informasi yang terfragmentasi dan kemudian melakukan proses defragmentasi.

Ini menghilangkan sektor kosong di antara yang diduduki untuk mendekatkan fragmen, memposisikannya di utas yang tidak terputus. Alhasil, file game dengan mudah dikejar agar lancar.

Tingkatkan Perangkat Keras Grafis

Cara termudah untuk meningkatkan kinerja sistem yang berkaitan dengan permainan adalah dengan meningkatkan perangkat grafis. Unit Pemrosesan Grafis Modern memiliki memori sendiri untuk membantu kesinambungan. Ini menambahkan efek perataan ke instance dalam game. Saat ini mudah untuk mengekstrak kartu grafis yang ada dan memasukkan yang baru.

Perbarui Driver: Entah Anda telah mengadaptasi perangkat keras grafis baru atau masih menggunakan yang lama, kinerjanya pasti dipengaruhi oleh driver terkait yang diinstal. Periksa pembaruan terbaru untuk driver kartu grafis Anda secara teratur. Cukup masuk ke situs web produsen dan cari melalui kategori pembaruan.

Tingkatkan Memori Virtual

Memori Virtual adalah ruang kosong pada hard drive yang diganti dan bertindak sebagai memori siap pakai, oleh sistem. Ini adalah mekanisme, di mana file yang tidak terpakai dari aplikasi dan proses yang sedang berjalan dipindahkan ke hard drive.

Data yang dipindahkan ini masih tetap aktif, dan diambil oleh RAM setiap kali pengguna mencoba mengaksesnya. Memori ini dapat ditingkatkan untuk mengasimilasi ukuran data yang lebih besar membuat lebih banyak ruang untuk memori untuk memfasilitasi permainan yang sedang berjalan.

Sekian artikel mengenai Cara Meningkatkan Performa PC Gaming, semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Performa PC Gaming"